About

Blogger templates

Rabu, 27 Februari 2013

Fotografer Indonesia Terkenal – Darwis Triadi



fotografer indonesia

       Darwis Triadi, seorang fotografer Indonesia terkenal dan ternama. Darwis Triadi yang mempunyai nama lengkap Andreas Darwis Triadi ini memang identik dengan hal-hal yang berkaitan dengan fotografi atau potret memotret. Sang Fotografer Indonesia ini ternyata tidak mengikuti dan menjalanni pendidikan formal dalam bidang yang bersangkutan. Mengapa bisa? Padahal Darwis Triadi dikatakan sebagai seorang fotografer handal yang mengharumkan nama Indonesia selama puluhan tahun.

Ternyata, Darwis Triadi yang lahir di Kota Solo pada tanggal 15 Oktober 1954 ini adalah seorang pilot pada awalnya. DarwisTriadi  ini pernah menjalani pendidikan di sebuah Sekolah Tinggi Penerbangan yang bertempatkan di daerah Curug-Tanggerang. Beliau mengemban pendidikan tersebut pada tahun 1975. Darwis Triadi ternyata merasa tidak ‘kerasan’ dan cocok dengan profesinya tersebut. Beliau ternyata enggan meneruskan menjadi seorang penerbang. Akhirnya, pada tahun 1979, Darwis Triadi melaksanakan tekadnya yang sudah bulat. Beliau meninggalkan dunia penerbangan dan beralih ke dunia fotografi. Sebetulnya Darwis Triadi sama sekali tidak memiliki pengetahuan yang dapat dikatakan cukup untuk terjun ke dunia fotografi ini. Pendidikan laki-laki yang sudah menginjang usia 57 tahun itu tidak mempunyai hubungan dan sangkut paut dengan bidang yang akan digelutinya saat itu. Beliau menjelaskan bahwa saat itu orang-orang cukup kebingungan untuk belajar fotografi karena tidak tahu harus belajar kemana. Karena itulah Darwis Triadi pun belajar secara otodidak atau belajar sendiri dengan cara rajin melahap buku-buku fotografi dan dengan terjun langsung ke lapangan sebagai prakteknya.

Sosok Fotografer Indonesia

Alasan Darwis Triadi memilih berprofesi sebagai fotografer ini tidak mempunyai jawaban yang pasti. Beliau hanya berkata ingin mempunyai pekerjaan yang dapat menjadi sumber penghidupannya di masa depan nanti tanpa harus mengemban pendidikan atau kuliah lagi. Dan entah mengapa, di otak fotografer Indonesia satu ini terlintas foto yang kemudian terus dijalaninya hingga sekarang. Menurut Darwis Triadi, bidang yang digelutinya sekarang ini belum menjadi bahan perhitungan di Indonesia, namun ia yakin bahwa kelak seni fotografi akan berubah dan tidak seperti itu. Karena itulah Darwis Triadi terus menerus belajar dengan giat dan benar mengenai fotografi ini.
Darwis Triadi mencoba tekun dalam dunia fotografi ini dengan mandiri. Sekitar empat tahun, Darwis Triadi tak hentinya belajar dan belajar supaya menjadi seorang fotografer handal. Dan pada tahun 1983, Darwis Triadi mulai mengikuti lembaga kursus fotografi yang berada di Negara-negara Asing seperti Swiss dan Jerman. Meskipun pada tahun-tahun tersebut Darwis Triadi dapat dikatakan telah berhasil sukses menjadi fotografer Indonesia terkenal, beliau tidak pernah pelit membagi ilmunya pada orang lain. Tahun 1985 adalah tahun pertama Darwis Triadi dalam menjalani kegiatan seminar serta pelatihan fotografi sebagai pembicaranya. Dari situlah Darwis Triadi mempunyai keinginan untuk membentuk sebuah lembaga yang tidak resmi tapi tetap profesional. Alasan beliau membentuk lembaga kursus tersebut karena pada dasarnya beliau senang mengajar.
Sang Fotografer Indonesia terkenal ini berpesan pada anak-anak muda untuk mencintai profesi yang dijalani seperti halnya mencintai diri sendiri dalam kehidupan ini. Apapun profesinya, jangan sampai orientasi pencapaiannya hanya sebatas fisik saja, namun juga harus mengejar prestasi dan dedikasi serta kontribusi yang dapat kita berikan kepada masyarakat.

1 komentar: