Powered by Blogger.

Tips-Tips Merawat dan Melindungi Lensa Kamera

October

Lensa kamera merupakan aset yang sangat penting bagi seorang Fotografer   selain berharga mahal, setiap lensa juga memiliki kemampuan spesifik yang juga sangat rentan oleh berbagai macam ancaman, sebut saja jamur, debu, Goresan atau benturan. Beberapa hal berikut akan sangat bermanfaat. berikut Tips-Tips Merawat dan Menlindungi Lensa Kamera dan memiliki kinerja optimal:

camer bag untuk melindungi lensa kamera
1. Gunakan Tisu dan kain khusus pembersih lensa
tisu pembersih lensa
Saat ini banyak dijual dipasaran tisu maupun kain khusus untuk membersihkan lensa. Untuk merawat lensa kamera, tisu sekali pakai sangat dianjurkan untuk membersihkan lensa karena mampu mencegah berpindahnya debu dan partikel dari satu lensa ke lensa lainnya. Cara membersihkannya adalah usap lensa dari bagian tengah secara melingkar keluar. Hal yang perlu diingat adalah jangan membersihkan lensa menggunakan kain pembersih kaca mata, karena kain tersebut biasanya mengandung bahan kimia khusus.
2. Hindari pergantian suhu udara
Salah satu masalah lensa adalah embun yang disebabkan oleh perpindahan yang cepat dari lingkungan berhawa dingin ke lingkungan berhawa hangat/panas. Udara yang hangat memiliki kandungan air melebihi udara dingin. Ketika terjadi kontak antara udara hangat dengan permukaan lensa yang lebih dingin akan terjadi pengembunan. Ketika hal tersebut terjadi, anda boleh mengusapnya dengan lap yang lembut, namun akan lebih baik bila membuarkannya menguap secara alami. Kejadian tesebut kerap terjadi saat kita keluar dari ruangan ber AC ke lingkungan yang agak hangat.


3. Hindari kontak dengan jari/ bagian tubuh lain
Dalam situasi dan kondisi apapun selalu hindari kontak antara permukaan lensa dengan jari-jari kita atau bagian tubuh yang lain. Keringat mengandung minyak dan asam yang akan “melapisi” lensa apabila tersentuh, dan kadang menimbulkan bekas yang sulit dibersihkan.
4. Gunakan Aksesori khusus lensa
UV filter dan lens hood untuk merawat kameraAksesori untuk lensa salah satunya adalah Filter memiliki berbagai macam tipe, diantaranya adalah 
Filter UV, Filter Polarized/CPL, Filter ND, dll. Selain memiliki kemampuan spesifik seperti CPL(Polarized Filter) yang mampu menyaring sinar matahari dan menajamkan warna, memiliki manfaat lain yakni melindungi lensa kamera dari berbagai macam goresan dan benturan. Dari sekian banyak Filter ang ditawarkan, Ada sebagian yang berharga cukup murah dan cukup efektif melindungi lensa. Selain Filter  kita juga bisa menggunakan lens hood untuk melindungi lensa. Selain berfungsi untuk mereduksi lens flare/kilauan matahari, hens hood juga sangat bermanfaat melindungi permukaan lensa karena bentuknya sepeti tempurung.
5. Gunakan lens pen
pen khusus pembersih lensa
pen khusus pembersih lensa
Untuk membersihkan debu dan partikel pada lensa kita dapat menggunakan Lens pen yang banyak ditawarkan dengan berbagai model dan jenis. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menyentuh lens pendengan tangan agar tidak terkontaminasi minyak dan kotoran dari tangan.
6. Bawa selalu penutup lensa
Setiap lensa memiliki 2 buah lens cap bawaan. Lens cap bagian depan selalu menempel pada lensa dan hanya kita buka saat kamera dipakai. Nah, lens cap bagian belakang juga perlu selalu kita bawa apabila sering berganti-ganti lensa. Hal ini sangat penting untuk menjaga elemen bagian belakang(berwarna keemasan) selalu bersih, karena pada bagian tersebutlah terjadi kontak langsung dengan bagian dalah kamera yang sangat sensitif.
7. Gunakan camera bag
camer bag untuk melindungi lensa kamera
camera bag untuk melindungi lensa kamera
Camera bag adalah tas yang dedasain khusus menjaga lensa dan kamera agar aman dari goncangan dan benturan. Apabila kita bepergian menggunakan mobil, usahakan menaruh camera bag di atas jok, karena pada bagian bawah biasanya masih ada getaran mesin dan guncangan mobil. Gunakan kamera bag dengan bagian dalam yang kaku. Sebagian fotografer profesional bahkan melindungi lensa mereka dengan lapisan agak keras sebelum dimasukkan camera bag.
Banyak sekali hal lain yang bisa kita aplikasikan untuk merawat lensa kamera, seperti menjauhkan lensa dari sinar matahari, menggunakan dry box, mematikan power sebelum mengganti lensa dll, namun hal yang terpenting adalah perhatian kita / rasa perduli yang selalu ada dalam hati kita.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment